10 tempat wisata di Jogja - Sumpit Mas

Our Blog

10 tempat wisata di Jogja

10 tempat wisata di Jogja

Tempat Wisata Di Jogja
Berencana berkunjung ke Jogja? Jangan sampai melewatkan 10 tempat wisata di Jogja yang menjadi favorit wisatawan berikut ini :


1. Pasar Kaki Langit
Kota Yogyakarta merupakan kota yang memiliki banyak tempat wisata yang sangat indah dan menakjubkan. Destinasi wisatanya mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya, sampai ke wisata kuliner. Semua wisata tersebut terdapat di kota Yogyakarta. Selain memiliki banyak tempat wisata, di Kota Yogyakarta saat ini sedang mengembangkan Desa wisata. Desa wisata yang akan dibahas kali ini yaitu Pasar Kaki Langit yang berada di Dusun Mangunan.

Pasar Kaki Langit ini diberi nama Kaki langit karena pasar ini berada di kawasan wisata Dlingo Imogiri. Pasar Kaki Langit ini juga berada dekat dengan wisata alam Hutan Pinus asri, Watu Goyang dan Lintang Sewu. Jadi jika anda sedang berkunjung ke wisata alam tersebut anda juga dapat mampir ke Pasar Kaki Langit untuk mencoba makanan tradisional yang di jualan di Pasar tersebut.

2. Bukit Panguk Kediwung
tempat wisata di Yogyakarta 
Bukit Panguk Kediwung adalah tempat wisata di Yogyakarta yang terbilang baru. Objek wisata yang baru dibuka setahun yang lalu ini, memang sedang hits dikalangan anak muda. Hobi berburu sunrise? Bukit Panguk Kediwung memang menyajikan pemandangan sunrise yang tidak akan terlupakan.

Untuk menuju ke tempat wisata alam di Jogja ini tidak begitu sulit. Rutenya sama seperti ke Kebun Buah Mangunan. Jika anda telah sampai ke Kebun Buah Mangunan, anda bisa bertanya kepada warga sekitar untuk menuju Dusun Kediwung. Setelah di Kediwung, akan banyak tanda menuju ke Bukit Panguk.

Berencana berkunjung ke Bukit Panguk? Karena jalan ke sana cukup ekstrim, sebaiknya anda menggunakan sepeda motor jika ingin berkunjung ke objek wisata Jogja terbaru ini. Tarif parkir sepeda motor adalah Rp 2000. Sedangkan tarif parkir mobil Rp 5000. Untuk tarif masuknya tidak diberi patokan alias sukarela dari pengunjung.

3. Air Terjun Gedad
Tempat menarik di Jogja
Tempat menarik di Jogja yang lain adalah Air Terjun Gedad. Air terjun yang berada di Dusun Gedad, Playen, Gunung Kidul ini, cukup unik. Dinding air terjun yang lebar dan berpunuk-punuk membuat tempat wisata alam di Jogja ini terlihat artistik.

4. Curug Tegalrejo
Air terjun Gedad tergolong objek wisata Jogja terbaru yang jadi tujuan wisata kekinian traveler. Menyajikan suasana yang masih asri, air terjun Gedad sangat cocok bagi pecinta fotografi. Retribusinya juga masih gratis. Anda hanya perlu membayar Rp 2000 untuk biaya parkir jika ingin menikmati keindahan air terjun ini.

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata budaya, kuliner serta wisata pantainya, tetapi Yogyakarta juga memiliki air terjun yang unik dan indah. Salah satu kabupaten yang tidak pernah sepi dari munculnya potensi wisata alam yang baru adalah Kabupaten Gunungkidul. Kondisi alam yang ada di Kabupaten Gunungkidul berhasil membuat obyek wisata baru yang sangat cocok untuk dikunjungi. Air terjun yang belum terkenal tetapi sangat indah adalah Curug Tegalrejo.

Salah satu hal yang menarik dari Curug Tegalrejo ini adalah air terjunnya bertingkat. Masing masih dari curug tersebut mempunyai ketinggian yang bermacam macam dan juga terdapat kolam dibawahnya yang biasa digunakan untuk berendam atau hanya sekedar bermain oleh para pengunjung. Tingkatan pada curug ini ada 3 tingkatan, pada tingkat ke 3 adalah spot yang paling menarik dan indah.

5. Jembatan Gantung Pantai Timang
Tempat wisata pantai di Jogja
Menyukai tempat wisata yang ekstrim dan penuh tantangan? Cobalah berkunjung ke Pantai Timang, Gunung Kidul. Tempat wisata pantai di Jogja ini memang cukup terkenal dengan kereta gantungnya. Selain itu, Pantai Timang kini memiliki jembatan gantung yang menjadi akses baru menuju Bukit Karang Pantai Timang.

Untuk menaiki jembatan tersebut, anda harus membayar tiket Rp 100.000,00. Anda harus memiliki nyali yang besar jika ingin menyebrang melalui jembatan gantung ini.

Deburan ombak dan angin laut yang cukup kencang bila melintas di jembatan ini,  dapat memicu adrenalin anda. Tak jarang pengunjung yang ciut nyalinya dan kembali karena tidak berani menyeberangi jembatan ini.

5. Ayunan Langit Watu Jaran
objek wisata Jogja terbaru
Menuju ke Kulon Progo, anda harus menjajal objek wisata Jogja terbaru yaitu Ayunan Langit Watu Jaran. Di sini, anda dapat berayun dengan ketinggian yang tak tanggung-tanggung. Ayunan langit watu jaran ini memiliki ketinggian 800 meter. Tinggi sekali, ya.

Dengan latar belakang bukit Menoreh, tempat wisata alam di Jogja ini sangat cocok untuk anda yang hobi berselfie. Tidak perlu khawatir dengan keselamatan, pengelola ayunan langit watu jaran ini telah bekerja sama dengan SAR Jogja untuk pengembangannya. Dapat menopang hingga 500 kg, ayunan ini juga anti korosi karena terbuat dari baja.

Selain menjamin keselamatan, anda hanya perlu membayar Rp 30.000 saja untuk menikmati wahana ini. Karena akses ke sana cukup jelek, pengelola juga menyediakan ojek gratis untuk menuju ke tempat wisata Jogja murah ini.

6. Desa Wisata Kelor
Desa wisata Kelor merupakan salah satu desa yang ada di kabupaten Sleman yang saat ini sedang dikembangkan menjadi desa wisata. Desa wisata Kelor ini menawarkan suasana pedesaan yang penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, peternak, dan budidaya jamur. Banyak tanaman hijau yang membentang luas dengan pemandangan alam yang asri. Desa wisata Kelor ini memiliki masyarakat yang ramah dan memiliki lingkungan desa yang sangat nyaman. Desa Kelor ini juga memiliki sungai, dan air di sungai tersebut masih jernih dan indah.

Anda juga dapat menikmati suasana di Desa Wisata Kelor dengan menyusuri sungai yang ada di Desa Kelor. Sungai yang dimiliki Desa kelor ini masih sangat jernih dan sangat indah yang membuat wisatawan yang berkunjung merasa segar ditambah lagi dengan suara kicauan burung dan udara yang sejuk di Desa Kelor. Desa wisata Kelor ini menawarkan suasana pedesaan yang penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, peternak, dan budidaya jamur.

7. Hutan Mangrove Pasir Kadilangu
wisata Jogja terbaru
Hutan mangrove Pasir Kadilangu memang bukan tempat wisata Jogja terbaru. Namun terdapat spot foto baru yang berupa menara eiffel, pura, dan lorong heksagonal dari bambu. Hutan yang terletak di Kulon Progo ini menjadi opsi liburan menarik bagi anda dan keluarga.

Hutan mangrove Pasir Kadilangu ini terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulon Progo. Ada beberapa spot di sini yang dihubungkan dengan jembatan bambu sehingga anda dapat menikmati semua spot yang tersedia. Selain itu, anda juga dapat menyusuri Sungai Bogowonto untuk menikmati hamparan mangrove.

8. Bukit Kali Kuning
Objek wisata keluarga di Jogja
Objek wisata keluarga di Jogja ini menjadi hits dikalangan anak muda Jogja. Di sini, anda akan disuguhi pesona keindahan lereng Gunung Merapi.

Selain itu, anda juga dapat berswafoto dengan latar belakang kupu-kupu, hati, dan lain sebagainya. Anda juga dapat berfoto dengan burung hantu yang merupakan satwa asli Gunung Merapi.

Selain berwisata, anda juga dapat berkemah di kawasan Bukit Kali Kuning ini. Untuk berkemah, anda cukup membayar Rp 30.000. Untuk tiket masuk di tempat wisata alam di Jogja ini hanya Rp 3000 saja.

9. Jurang Tembelan
tempat nongkrong di Jogja
Salah satu tempat wisata alam di Jogja yang menjadi favorit adalah Jurang Tembelan. Bagi pemburu sunrise, Jurang Tembelan dapat menjadi tempat nongkrong di Jogja sambil menanti matahari muncul di ufuk timur. Waktu yang pas untuk menikmati sunrise di sini adalah pada musim kemarau.

Menuju Jurang Tembelan ini tidaklah sulit. Berada di kawasan Dlingo dekat Kebun Buah Mangunan, Jurang Tembelan kini menjadi alternatif untuk berwisata. Daya tarik lain di Jurang Tembelan tidak lain adalah Kebun Buah Mangunan dan Sungai Elo.

Untuk menikmati alam di sini, anda tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya saja anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2000.

10. Seribu Batu Songgo Langit
tempat wisata alam di Jogja
Wisata Jogja terbaru yang berada di Dlingo adalah objek wisata Seribu Batu Songgo Langit. Dinamakan demikian karena di lokasi ini terdapat banyak batu raksasa. Daya tarik di tempat wisata alam di Jogja adalah banyaknya rumah-rumah hobbit yang sangat unik.

Selain rumah hobbit, wisatawan juga dapat menikmati spot-spot foto unik lainnya. Terdapat jembatan yang menghubungkan pohon ke pohon, jembatan, dan gardu pandang. Anda juga dapat memacu adrenalin dengan mencoba flying fox di  tempat wisata Jogja murah ini.

Seribu Batu Songgo Langit ini berada di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Dlingo 2 jam perjalanan dari pusat kota Jogja. Tidak ada HTM untuk masuk ke sini. Anda hanya perlu membayar biaya parkir RP 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk parkir mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar